Ulangan Akhir Semester Ganjil
Jawablah soal di bawah ini dengan benar!
1. Penyiar :Oke.
Pengalaman kehidupan seperti apa yang pernah kalian pahami dari lagu?
Saskia : Dalam lagu-lagu yang dinyanyikan
kaum muda biasanya pengalaman cinta, kak!
Tapi
kalau kita mendengarkan lagu-lagu Ebiet G. Ade ada pengalaman kerohanian yang sangat kaya. Misalnya dalam lagu
”Berita Kepada Kawan” lagu itu mengisahkan pengalaman Ebiet bertemu seorang anak
kecil yang ayah ibunya meninggal dalam bencana alam.
Apakah tema dialog di atas?
a. pengalaman menyanyikan lagu-lagu kaum
muda
b. pengalaman yang dapat dipetik dari
menyanyikan lagu
c. pengalaman kehidupan yang dapat kita
petik dari lagu
d. pengalaman Ebiet. G. Ade dengan anak
kecil
2. Apakah kesimpulan dialog interaktif di
atas?
a. lagu-lagu kaum muda biasanya pengalaman cinta
b. lagu-lagu Ebiet. G. Ade bisanya
pengalaman kerohanian
c. lagu-lagu kaum muda biasanya pengalaman
cinta sedangkan lagu Ebiet. G.Ade tentang pengalaman kerohanian
d. lagu Ebiet. G. Ade adalah pengalaman
bertemu anak kecil yang ditinggal ayah ibunya
3. Manakah kalimat berikut yang berupa
pendapat nara sumber?
a. Lagu-lagu kaum muda biasanya pengalaman
cinta
b. Ebiet. G. Ade menyanyikan lagu berita
kepada kawan
c. Ebiet. G. Ade bertemu anak kecil
d. Anak kecil ditinggal ayah dan ibunya
4. Manakah berikut ini berupa komentar
yang meyakinkan dari pendapat nara sumber di atas?
a. lagu-lagu cinta pasti disukai anak muda
b. pengalaman kerohanian kita bertambah kaya dengan mendengar kisah anak kecil
yang ditingggal orang tuanya
c. lagu-lagu cinta memang menyenangkan
kaum muda
d. lagu-lagu Ebiet. G.Ade memperkaya
pengalaman kerohanian pendengarnya
5. Syair Perahu
Wahai muda, kenali dirimu
Ialah perahu tamsil tubuhmu
Tiadalah beberapa lama hidupmu
Ke akhirat jua kekal diammu
....
Apakah tema syair di atas?
a. kita harus mengenali diri kita masing-masing
b. kehidupan dunia sementara
c. kehidupan akhirat akan kekal
d. kehidupan dunia hanya sementara dan
yang kekal kehidupan akhirat
6. Apakah pesan penulis syair yang ingin
disampaikan?
a. agar kita memahami arti kehidupan yang
tidak kekal
b. kehidupan dunia seperti perahu
c. hidup kita tidak lama
d. keakhirat juga kita nanti
7. Muaranya dalam, ikanpun banyak
Di sanalah perahu keram dan rusak
Karangnya tajam seperti tombak
Ke atas pasir kamu tersesak
Dilihat dari segi bentuknya, karya sastra di atas disebut ....
a. puisi
b. pantun
c. Syair
d. gurindam
8.
|
No.
|
Jumlah
larik
|
Jumlah
Suku kata
|
sajak
|
Isi
|
|
1.
2.
3.
4.
|
4
4
4
4
|
8-10
8-12
8-12
8-12
|
ab-ab
ab-ab
ab-ab
aa-aa
|
Dongeng/cerita
Nasihat/dongeng
Petuah/cerita
Nasihat/cerita
|
Ciri-ciri syair yang paling tepa terdapat pada tabel nomor
berapa?
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4
9. Apabila dilihat dari segi ppersamaan
bunyi pada ujung baris puisi lama (syair) mempunyai pola ....
a. ab-ab
b. aa aa
c. abcb
d. aa bb
10. Disebut apakah karya sastra lama yang berisi 4
baris sebait yang isinya menyebar diseluruh baris
a. pantun
b. syair
c. gurindam
d. talibun
11. Cerita
Sincan justru merusak nilai pendidikan yang kita tanamkan kepada anak-anak.
Komentar logis atas pendapat di atas adalah ....
a. pendapat tersebut benar karena cerita
Sincan tampil dengan ketidaksopanan
b. pendapat tersebut benar, karena tidak
selayaknya nilai pendidikan ditampilkan melalui kartun
c. pendapat tersebut benar karena karena
sinetron Sincan berasal dari negara lain
d. pendapat tersebut benar karena Sincan
tidak cocok ditonton anak-anak
12. Manakah berikut ini yang merupakan kritik dari yang paling logis?
a. Wajar kalau lukisan itu laku mahal
karena yang membeli orang kaya
b. Lukisan tersebut bagus karena memang
mahal
c. Lukisan itu bagus, karena dibuat oleh
pelukis terkenal
d. Wajar kalau bagus karena catnya banyak
13. Jika Anda mengkritik sebuah lukisan, hal apa yang
menjadi bahan pertimbangan?
a. alat yang digunakan
c. Tempat melukisnya
b. pelukisnya
d. Hasil lukisannya
14. Nanti-nantikanlah
Rumput kering menguning
Terhampar luas
Gemetar tampak hawa panas
Atas padang sunyi
Apakah kelebihan penggalan puisi di atas?
a. barisnya hanya empat
b. persamaan bunyi menarik
c. menggunakan makna kias
d. sulit dipahami maknanya
15. Apa kelemahan puisi di atas?
a. sebait berisi empat baris
b. bunyi di akhir baris
c. kata-katanya indah
d. sulit dipahami maknanya
16. Ada lukisan pantai Bali saat mentari hampir terbenam
karya Gunarsa.
Apakah kritikan yang paling baik?
a. Lukisannya bagus, sayang warna
mataharinya kurang cerah sedikit.
b. Lukisan itu bagus, pokoknya bagus
c. Lukisan itu jelek, saya tidak senang
d. Lukisannya bagus sayang yang melukis
bukan Afandi
17. Dalam rangka bulan bahasa, SMPN Megang Sakti mengadakan
lomba baca puisi. Banyak siswa yang menyukai lomba baca puisi tersebut.
Unsur berita apakah yang tidak ada dalam laporan berita
tersebut?
a. di mana
c. mengapa
b. kapan
d. bagaimana
18. Saudara, saya ini berada di lokasi kebakaran kompleks
pertokoan menara kencana. Tampak api masih menyala-nyala melalap kios di bagian timur.
Unsur apakah yang belum ada pada laporan di atas?
a. apa
c. bagaimana
b. di mana
d. mengapa
19. Setiap pagi Widodo keluar dari gubuknya,
meninggalkan istri dan kedua anaknya, membawa tas hitam murahan. Sudah seminggu
ini persediaan beras di rumah menipis. Istrinya meratap tetapi Widodo hanya
mengatakan agar menunggu berapa hari. ”Aku akan pulang dengan tas hitam ini
penuh dengan uang”.
Siapa mau membeli teko itu dengan harga jutaan rupiah
seperti impianmu? Yang kuperlukan bukan uang sebanyak itu, aku hanya ingin
beras dan ikan asin. Aku tak tahan melihat anak-anak menangis karena lapar”
ujar istrinya.
Dari penggalan cerpen di atas alur cerpen yang dilukiskan
secara menonjol adalah ....
a. setting
c. konflik
b. pengenalan masalah
d. penyelesaian
20. Manakah berikut ini yang merupakan setting dari
penggalan cerpen di atas?
a. pagi hari di sebuah gubuk
b. c. gubuk
c. pagi hari
d. d. Setiap pagi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar